Selamat Datang

Sunday, November 11, 2018

Virtual Assistant BNI CALL Teknologi berbasis AI

Anda Jenuh dengan semua persoalan dan permasalahan yang anda hadapi. Nah BNI Call Virtual Assistant bisa dijadikan Asisten Pribadi sendiri selain bertanya produk2 BNI, anda bisa juga menanyakan masalah2 lain (Curhat juga boleh ^_^ ). Tapi saya coba cek di aplikasi Playstore BNI Call Virtual Assistant masih terlihat error yang cenderung terletak basis platform versi android yang tidak sesuai (dianjurkan versi 5.1). Tapi setidaknya aplikasi ini merupakan pelopor pengembangan lanjutan Layanan yang berbasis Call Center untuk dapat mendekatkan para nasabah dengan BNI. Untuk mau coba aplikasi ini silahkan download di Playstore dengan nama BNI Call saat Search nanti. Saya ngak perlu cerita panjang lebar untuk konsumsi Berita tentang Call Center BNI yang berbasis AI ini saya cuplik dari berita yang di buat oleh Sdr. Akfa Nasrulhak yang diangkat oleh detik finance pada Sabtu, 27 Oktober 2018 16:20 WIB.




BNI Pelopori Layanan Call Center Berbasis AI Dilengkapi Voice Command
Akfa Nasrulhak - detikFinance

Jakarta - Dalam melayani pelanggan, contact center terutama dalam perbankan menjadi salah satu bagian yang diperlukan sebagai akses informasi terkait produk, tanpa perlu mendatangi langsung kantor cabang.

Namun, layanan call center biasanya dihubungi lewat telepon, dan jika pelanggan membutuhkan informasi yang banyak tentunya akan memakan waktu lama yang otomatis menguras biaya tarif panggilan.

Oleh karena itu, sebagai bentuk upaya meningkatkan kualitas layanan dan informasi, pada 8 juni 2018 lalu, PT PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meluncurkan channel baru berupa aplikasi berbasis AI (Artificial Intelligience) dengan dilengkapi fitur perintah suara (voice command) dalam layanan Contact Center BNI.

Di era digital yang semakin berkembang, Contact Center perlu mengikuti perkembangan permintaan pasar guna memberikan solusi efektif untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Sebelumnya BNI telah memiliki beberapa akses channel bagi nasabah untuk menghubungi Bank BNI yaitu, BNI Call (by Phone), social media, fax, video Banking, email dan live chat.

Layanan aplikasi aplikasi BNI CALL dilakukan inovasi yang mempelopori layanan call center bank di Indonesia berbasis AI dilengkapi fitur voice command. Sehingga aplikasi ini dapat membantu pengguna mengetahui informasi apa saja yang diinginkan. Voice Command ini membuat pengguna tidak perlu mengetik sesuatu melalui keyboard sehingga sangat mudah untuk digunakan.

Suara yang dikeluarkan Aplikasi BNI Call ini menggunakan Voice Queries dan Natural Language Processing (NLP) sehingga pengguna seperti sedang berbicara dengan teman atau kerabat.

Secara umum aplikasi ini adalah Asisten Pribadi yang dapat menyesuaikan kebutuhan dan keinginan tiap pengguna untuk memudahkan serta menyelesaikan permasalahan sehari-hari.

"Ini adalah contact center pertama pengguna virtual assistant dengan keunikannya pertama, memiliki 2 jenis suara wanita dan pria. Kedua nama assistant-nya dapat diganti dengan nama sesuai keinginan nasabah," ujar Pemimpin BNI Contact Center, Yohanes Iwan Kurniawan.

Meski pengguna aplikasi tersebut bisa berbicara dengan aplikasi berbasis AI tersebut, namun tetap dapat terintegrasi dengan sistem eksisting sehingga dapat menciptakan efisiensi biaya. Hal itu karena aplikasi BNI Call ini menggunakan paket data sehingga dapat digunakan baik di dalam maupun luar negeri.

Dalam penerapannya, saat ini aplikasi BNI Call masih berada di fase pertama yang hanya menyediakan layanan informasi seputar BNI dan umum. Adapun informasi terkait BNI seperti menanyakan cabang terdekat, ATM terdekat, Info Promo, Info Produk dan info jasa.

Untuk informasi umum seperti informasi film yang sedang tayang, restoran terdekat, tempat wisata, jadwal penerbangan, SPBU terdekat hingga berita terkini.

Apapun informasinya, pengguna tinggal bicara saja dengan aplikasi tersebut maka akan muncul informasi yang diinginkan. Bahkan, aplikasi tersebut juga bisa diajak bercanda, main tebak-tebakan yang seolah menjadi teman curhat di kala bosan tanpa ada teman di dunia nyata.

Ke depan, untuk fase berikutnya aplikasi BNI Call akan menambah fitur lebih lengkap yaitu layanan seperti transaksi, mengecek saldo, transfer dan transaksi lainnya. Jika layanan yang diminta nasabah tidak dapat dipenuhi oleh virtual assistance maka akan di teruskan ke petugas BNI Call (agent) atau melalui live chat.

Sumber referensi : www.detik.com

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html